Resensi Buku

Haji adalah satu rukun dari lima rukun Islam. Ialah ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim yang telah mampu melaksanakannya. Seiring bergantinya zaman, ibadah haji dihadapkan dengan berbagai problematika yang belum ada di zaman Rasulullah. Sebagai seorang muslim yang hendak menunaikan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Rasulullah tentu akan kesulitan jika tidak mengetahui beberapa hukum dari permasalahan-permasalahan kontemporer haji ini.
Buku ini menguraikan beberapa masalah kontemporer di dalam haji yang sering terlewatkan dari pengetahuan seseorang. Mulai dari problem tidak bisanya mendapatkan izin haji, ihram dengan kain berjahit, menggunakan pembersih/sabun cuci yang wangi, memakai masker ketika ihram, melempar jumrah sebelum tengah hari dan sebagainya. Sangat bijak dibaca bagi Anda yang ingin mengerti fikih kontemporer dalam masalah ibadah haji.


Umrah adalah sebuah ibadah yang juga dituntunkan Rasulullah untuk para umatnya yang telah mampu. Ibadah umrah juga memiliki karakteristik sebagaimana ibadah haji. Ada beberapa hal yang dianjurkan dilakukan ketika umrah, ada juga hal yang diharamkan dan bahkan akan membatalkan ibadah umrah. Masalah miqat, ihram, tawaf, dan sa'i harus benar-benar diketahui oleh siapa pun yang berniat menunaikan ibadah umrah ini. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz telah mengarang kitab Manasik untuk mempermudah siapa yang hendak menunaikannya. Kemudian Ustadz Bandar bin Athiq al-Muthairi membuat sebuah takhrij sebagai ringkasan kitab beliau ini dan memberikannya judul Sifatul Umrah (Sifat Umrah Nabi e). Demikian agar umat Islam semakin mudah dan cepat dalam mempelajari karakteristik Umrah Nabi tanpa harus merampungkan kitab yang besar dan tebal.